Inilah Fitur Unggulan CMS Piwigo untuk Membuat Website Galeri Foto

cms untuk membuat album galeri foto piwigo 760x304 » Inilah Fitur Unggulan CMS Piwigo untuk Membuat Website Galeri Foto

Dalam mengelola sebuah website kini Anda tidak harus susah-susah belajar cara pengelolaan atau pembuatan website itu dari awal. Content Management System (CMS) adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk memudahkan pemilik website dalam membuat dan mengelola websitenya. Ada berbagai macam jenis CMS, salah satunya adalah Piwigo. Lantas apa itu Piwigo dan apa fungsinya dalam pengelolaan website? Berikut penjelasan lengkapnya.

Fitur-Fitur Unggulan Piwigo

Piwigo merupakan sebuah content system management berlisensi open sources atau bisa dibilang aplikasi web album gratis dimana aplikasi ini secara khusus digunakan untuk membuat web galeri khusus gambar atau foto. Ada beberapa CMS web galeri lain yang sebenarnya bisa menjadi pilihan. Namun, banyak pemilik website yang lebih memilih aplikasi web ini dibandingkan aplikasi web lain.

cms untuk membuat album galeri foto piwigo » Inilah Fitur Unggulan CMS Piwigo untuk Membuat Website Galeri Foto

Ini karena aplikasi cms ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi web galeri lain. Seperti beberapa keunggulan fitur di bawah ini.

  1. Upload Gambar

Fitur pertama yang menjadi keunggulan aplikasi web galeri ini tentu saja futur upload atau mengunggah foto. Keunggulannya adalah Anda bisa menambahkan foto-foto tersebut dalam berbagai bentuk, baik itu berbentuk web, klien web maupun dalam bentuk aplikasi desktop. Bentuk web itu bisa seperti digiKam, iPhoto, Lightroom, Softwell dan aplikasi foto untuk android lainnya.

  1. Mengatur Penyimpanan Foto dengan Fitur Album

Ketika mengunggah foto dalam jumlah banyak, tampilannya alan sangat tidak rapi jika tidak diatur dengan baik. Oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan fitur album dalam Piwigo untuk mengatur Penyimpanan foto Anda. Anda bisa mendistribusikan foto Anda ke dalam beberapa album yang berbeda. Setiap folder memiliki kapasitas yang tidak terbatas, dimana Anda bahkan bisa meletakkan satu foto ke dalam beberapa album.

  1. Fitur Tag untuk Menjelaskan Foto

Fitur lain yang juga menjadi andalan serta keunggulan aplikasi web ini adalah adanya fitur tag yang akan memudahkan Anda. Dengan adanya fitur ini, pengunjung web Anda akan semakin dimudahkan dalam mencari foto yang dibutuhkan. Dengan adanya tag ini akan membantu pengunjung dalam menyeleksi hasil pencarian berdasarkan tag yang diberikan. Dengan begitu hasil yang ditampilkan sudah melalui tahap seleksi.

  1. Fitur Privasi untuk Membatasi Pengunjung

Ketika mengunggah foto Anda ke internet, Anda bisa memutuskan kepada siapa saja foto-foto tersebut bisa diakses. Fitur privasi yang ada di dalam aplikasi web Piwigo ini akan membatasi hak akses untuk album, beberapa foto maupun semua foto yang sudah Anda unggah hanya kepada beberapa individu atau kelompok pengguna tertentu saja. Dengan begitu tidak semua orang atau pengunjung website Anda akan bisa mengakses foto atau album yang sudah Anda unggah di dalamnya.

  1. Fitur Pengelompokan Foto Berdasarkan Tanggal

Saat mengambil gambar dengan kamera digital atau kamera lain, pasti akan ada keterangan tanggal kapan foto itu diambil. Inilah fitur unggulan lain dari aplikasi web galeri ini yang akan menampilkan foto berdasarkan tanggal tersebut ke dalam kalender. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menemukannya berdasarkan tanggal diambilnya sebuah foto.

Setiap content management system dibuat untuk memudahkan pengguna dalam membuat maupun mengelola websitenya. Seperti aplikasi atau cms Piwigo ini misalnya yang merupakan sebuah aplikasi web galeri yang akan memudahkan Anda dalam mengelola website yang secara khusus berisi foto atau kumpulan gambar. Hal ini dibuktikan dengan fitur-fitur yang ditawarkan seperti yang dijelaskan di atas.