Membangun Situs Web Shorten URL dengan YOURLS

membuat situs shorten url dengan cms yourls 760x304 » Membangun Situs Web Shorten URL dengan YOURLS

Beberapa orang mungkin masih belum mengenal istilah shortener URL (Uniform Resource Locator) atau penyingkat URL. Kenyataannya, banyak yang sering melihat situs ini saat berselancar di internet. Ya, jika Anda pernah dialihkan ke situs adf.ly atau bit.ly, ini adalah beberapa contoh dari shortener URL yang sering dilihat. Selain dua penyingkat url tersebut, ada satu lagi contoh penyingkat url yang juga banyak digunakan yaitu YOURLS. Sedikit berbeda dengan dua pemendek URL sebelumnya, pemendek URL ini merupakan pemendek url yang bisa Anda jalankan sendiri. Apa bedanya dan apa saja keuntungan menggunakan pemendek atau penyingkat url ini? Berikut akan dijelaskan secara lengkap.

Fitur dan Keunggulan YOURLS

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang shortener url ini, Anda juga harus tahu arti dari penyingkat url ini. YOURLS sendiri merupakan singkatan dari Your Own URL Shortener, yang mana merupakan kumpulan kecil PHP scripts yang bisa membuat Anda menjalankan pemendekan URL milik Anda sendiri. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda karena dengan memanfaatkan layanan atau perangkat lunak ini, Anda jadi bisa memiliki data Anda sendiri sehingga tidak perlu mengandalkan bantuan dari pihak ketiga seperti pada shortener url lain. Keuntungan lain adalah bisa membantu Anda untuk branding brand atau produk-produk milik Anda sendiri ke dalam URL yang Anda buat tersebut. Cara ini akan memberikan keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan jika menggunakan shortener publik.

membuat situs shorten url dengan cms yourls » Membangun Situs Web Shorten URL dengan YOURLS

Layanan penyingkat atau shortener url YOURLS ini bukan tanpa alasan begitu banyak digunakan oleh para webmaster atau pemilik website. Perangkat lunak ini menawarkan berbagai fitur menarik yang menguntungkan bagi Anda pemilik website. Apa saja fitur itu?

  1. Free and Open Sources

Fitur dan perangkat lunak shortener url ini tergolong sebagai perangkat lunak open source, dimana siapa saja bisa mendapatkannya dan yang paling penting adalah bisa didapatkan secara gratis.

  1. Menampilkan Data Statistik

Fitur selanjutnya yang menakjubkan dari YOURLS adalah adanya fitur statistik yang bisa menampilkan laporan histori klik dari pengunjung yang mengklik url tersebut, statistik rujukan pelacakan lain, serta statistil tentang geo-lokasi dari pengunjung yang mengakses url tersebut.

  1. Interface dan Plugin

Setiap pengguna internet pasti menginginkan agar tampilan antarmuka saat mengakses sebuah laman bisa lebih mudah. Karena itu shortener url ini menggunakan interface ajaxed yang rapi sehingga bisa lebih memudahkan pengguna. Selain itu, plugin yang digunakan juga sangat baik dalam mengimplementasikan setiap fitur-fitur baru yang ada di dalam url dengan lebih mudah. Ada juga sampel file yang bisa Anda gunakan untuk membuat antarmuka publik milik Anda sendiri.

  1. Mudah Digunakan

Dibandingkan dengan shortener url lainnya, perangkat lunak ini cenderung lebih mudah digunakan. Untuk mendapatkannya, Anda tinggal mengunduh di situs yourls.org, kemudian unduh script yang tersedia di dalamnya. Selanjutnya Anda tinggal upload script milik Anda di hosting Anda sendiri. Cara menginstalnya pun sudah disediakan di dalam file readme.html.

Bagi pera webmaster atau pemilik web, shortener url atau penyingkat url bukan lagi hal yang baru. Layanan ini tak jarang juga memberikan penghasilan tambahan bagi pemilik websitenya. Hal ini karena setiap mendapat klik ke penyingkat url tersebut, maka akan memberikan penghasilan bagi pemilik website. Selain publik shortener url, ada juga shortener yang bisa menjadi milik Anda sendiri, seperti YOURLS. Fitur dan keunggulan yang ditawarkan seperti yang dijelaskan di atas merupakan salah satu alasan kenapa penyingkat url ini banyak diminati.