Inilah Keunggulan Membuat Website Portal dengan CMS Joomla

membangun website portal dengan cms joomla 760x304 » Inilah Keunggulan Membuat Website Portal dengan CMS Joomla

Penggunaan website sebagai tempat berbagi informasi maupun tempat menjalankan bisnis saat ini kian meningkat. Sebelum mulai membuat dan memanfaatkan berbagai fitur di dalam sebuah website, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dahulu tentang Joomla sebagai salah satu CMS (Content Management System) untuk membangun website berjenis portal. Joomla bisa menjadi alternatif CMS yang bisa diandalkan jika Anda ingin membangun dan memperbarui konten di dalamnya. Penggunaan CMS portal ini juga semakin berkembang dan banyak diminati, terbukti dengan semakin banyak juga komunitas pengguna CMS ini.

Kenali 5 Keunggulan dan Daya Tarik CMS Joomla

CMS yang berbasis GNU General Public License ini selalu menjadi daya tarik yang membuat para pemilik website memilihnya sebagai sistem manajemen konten. Joomla hanyalah salah satu dari sekian banyak pembangun portal website lain yang memanfaatkan PHP dan database MySQL, MS SQL serta PostgreSQL dalam pembuatan websitenya. Pada dasarnya, CMS ini sendiri sudah menawarkan banyak fitur yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola ataupun membuat websitenya sendiri. Sama seperti jenis CMS lain yang juga banyak digunakan di Indonesia, salah satu CMS portal website yang dibuat pertama kali pada maret 2005 ini juga sudah memiliki banyak pengguna.

membangun website portal dengan cms joomla » Inilah Keunggulan Membuat Website Portal dengan CMS Joomla

Hal ini bisa dilihat dari beberapa komunitas pengguna CMS portal ini yang terus bertambah. Banyaknya pengguna Joomla ini tidak lepas dari keunggulan yang ditawarkannya seperti di bawah ini.

  1. CMS yang Memiliki Fitur Powerful

Ada banyak pengguna website yang enggan membuat website dari portal berbasis Content Management System (CMS). Salah satunya adalah karena fitur yang disediakan. Banyak yang menganggap pembuatan situs portal dengan open source CMS tidak bisa memberikan fitur yang maksimal untuk kebutuhan websitenya. Namun tidak demikian dengan Joomla ini. Daya tarik dan keunggulan utama dari platform ini adalah salah satu open source CMS yang menawarkan fitur beragam dan powerful yang akan semakin memaksimalkan pembuatan website portal Anda.

  1. Kemudahan Membentuk Website

Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan oleh CMS portal ini adalah kemudahan dalam pembuatannya. Anda bisa membuat website portal melalui CMS ini dengan cara apapun, baik itu object-class maupun sistem pemrograman lain dengan memanfaatkan fitur framework. Karena bisa menggunakan berbagai cara, Anda pun hanya perlu mempelajari lagi integrasi API dari CMS ini untuk bisa membuat website portal milik Anda sendiri.

  1. Bisa Dimanfaatkan Secara Gratis

Sama seperti software open source lainnya, CMS ini juga bisa Anda gunakan secara gratis. Tak hanya itu saja, semua komponen maupun modulnya pun juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda hanya perlu membayar untuk hosting yang akan digunakan saja.

  1. Instalasinya Mudah

Tidak semua portal menawarkan kemudahan instalasi dalam pembuatan website. Inilah keunggulan lain yang ditawarkan oleh Joomla sebagai portal pembuatan website. Pengguna bisa melakukan instalasi baik dalam keadaan online maupun offline. Dengan begitu, komputer yang digunakan untuk instalasi hanya membutuhkan server saja, seperti misalnya server WAMP.

  1. Sudah Banyak Pengguna dari Seluruh Dunia

Banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh Joomla membuat portal pembuatan website ini sudah banyak digunakan oleh user website di seluruh dunia yang mana hingga artikel ini dibuat, Joomla sudah didonwload lebih dari 100 juta oleh penggunanya. Para pengguna ini bahkan sudah bisa menggunakannya dalam berbagai bentuk, mulai dari halaman website yang sederhana hingga penggunaan pada aplikasi yang tentunya lebih konpleks. Hal tersebut membuktikan jika portal ini merupakan portal andalan bagi Anda untuk membuat website Anda.

Sistem pembuat website adalah hal lain selain hosting yang harus diperhatikan oleh pemilik website. Dengan memilih CMS yang tepat, maka nantinya juga akan mempengaruhi performa dari website itu sendiri. Open source CMS Joomla ini menjadi salah satu pilihan terbaik dalam membuat situs berjenis portal. Nah, keunggulan dari Joomla di atas bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih CSM terbaik untuk membuat dan membangun website portal Anda sendiri.