Kelebihan Adminer sebagai Database Manager yang Mudah dalam Penggunaan

adminer tool pengelolaan database 760x304 » Kelebihan Adminer sebagai Database Manager yang Mudah dalam Penggunaan

Dalam pengelolaan sebuah website, dibutuhkan pula aplikasi yang digunakan untuk mengelola database dari website yang menggunakan SQL atau Structured Query Language sebagai media penyimpanan datanya. Ada beragam jenis aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu dalam pengelolaan database website. Salah satunya adalah Adminer. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi database manager dengan tampilan yang lebih sederhana dibandingkan mySQL dan phpmyadmin. Keduanya juga merupakan database manager yang banyak digunakan oleh pemilik website untuk mengelola databasenya.

Keunggulan Adminer dibandingkan Database Manager Lain

Ketika mengelola sebuah website, setiap pengembang atau pemilik website juga harus memiliki DbMS (Database Management System). Saat Anda menginstal web server seperti AppServe, WAMP ataupun web server lainnya, biasanya di dalamnya juga akan terinstal secara otomatis PHPMyAdmin sebagai aplikasi database manager bawaan dari web server tersebut. Nah, jika Anda mencari aplikasi untuk pengelolaan database lain yang lebih mudah dan ringan, Adminer adalah alternatif unggulan yang banyak digunakan oleh pemilik website.

adminer tool pengelolaan database » Kelebihan Adminer sebagai Database Manager yang Mudah dalam Penggunaan

Banyaknya pengguna aplikasi ini disebabkan karena aplikasi ini menawarkan banyak keunggulan seperti beberapa keunggulan di bawah ini.

  1. Pengoperasian Lebih Mudah

Keunggulan utama dari Adminer sehingga membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh pemilik website adalah karena pengelolaan database dan pengoperasian aplikasi ini sendiri cenderung lebih mudah digunakan. Aplikasi ini sendiri sangat mudah dan cepat untuk diakses karena berbasis teks. Sedangkan dalam pengelolaannya, pengguna juga tidak kalah dimudahkan. Seperti misalnya dalam membuat index tabel. Kebanyakan pengguna website akan merasa kesulitan atau bahkan kerepotan karena dalam pembuatan index tabel harus memasukkan satu persatu. Lain halnya dengan aplikasi ini yang memungkinkan pengguna untuk membuat index sekaligus untuk beberapa buah index.

  1. Mampu Membuat Fungsi dan View Database Lain

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Adminer adalah karena aplikasi ini mendukung penggunaan beragam jenis database. Dengan begitu, dalam satu aplikasi ini juga mampu membuat view atau tampilan hingga fungsi dari database lain. Setiap database memang memiliki tampilan dan fungsi yang berbeda-beda. Di dalam aplikasi ini pengguna bisa membuat view hingga fungsi dari database lain seperti foreignkey, trigger dan database-database lain. Selain itu saat menggunakan aplikasi ini Anda bisa menginput data dalam berbagai tipe dan jenis data seperti Null, Enum, Auto Increment dan berbagai jenis data lain.

  1. Mampu Mengeksekusi Perintah dari SQL

Apabila menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengeksekusi perintah SQL secara langsung sekaligus menampilkan hasilnya. Selain itu, apabila terjadi error atau kesalahan, maka kesalahan atau error itu akan langsung ditampilkan di dalam aplikasi ini tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Disisi lain apabila Anda ingin memodifikasi atau mengolah data yang berukuran besar, tak perlu khawatir karena di dalam aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi data bahkan dalam jumlah besar sekaligus.

  1. Ukurannya Tidak Terlalu Besar dan Gratis

Keunggulan terakhir yang membuat aplikasi manager database ini banyak diminati adalah karena aplikasi ini berukuran tidak terlalu besar. Ukurannya bahkan tidak sampai 1MB dan pastinya bisa Anda dapatkan secara gratis.

Dalam mengelola website, ada banyak faktor yang harus benar-benar diperhatikan untuk mendukung performa dari website tersebut. Salah satunya adalah manager database. Dengan memilih pengelola database yang tepat, Anda akan mampu mengoperasikan website lebih mudah dan cepat. Dari sekian banyak aplikasi pengelola database yang ada, Adminer merupakan satu dari sekian banyak aplikasi tersebut yang banyak digunakan oleh pengguna website. Keunggulan yang dijelaskan di atas adalah alasan mengapa pemilik website suka menggunakan aplikasi pengelola database ini.