Pahami 5 Fitur dalam CMS PluXml yang Bermanfaat untuk Manajemen Konten Situs Anda

pluxml cms tanpa database 760x304 » Pahami 5 Fitur dalam CMS PluXml yang Bermanfaat untuk Manajemen Konten Situs Anda

Sumber terbuka atau open source untuk sistem manajemen konten di sebuah website sangat beraneka macam. Setiap sistem memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda. Anda dapat memilih salah satu sistem sesuai dengan kebutuhan. Contoh CMS yang bekerja sebagai tool untuk manajemen konten adalah PluXml. Salah satu keunikan CMS ini adalah tidak menggunakan database sebagai tempat penyimpanan sehingga setidaknya blog yang Anda bangun dengan CMS ini akan terbebas dari serangan SQL Injection. Namun ada banyak fitur lain yang dihadirkan dan memberikan kemudahan dalam pengelolaan website ataupun blog untuk semua tipe pengguna situs.

Inilah Daftar Fitur CMS PluXml

CMS ini merupakan pilihan yang bisa dicoba dalam proses pengelolaan website. Versi terakhir yang disediakan adalah versi 5.6 yang dirilis pada 5 April 2017. Dalam versi terakhir tersebut ada banyak fitur yang menguntungkan dalam pengelolaan website.

pluxml cms tanpa database » Pahami 5 Fitur dalam CMS PluXml yang Bermanfaat untuk Manajemen Konten Situs Anda

Fitur-fitur yang akan didapatkan antara lain.

  1. Penyimpanan portabel

Sama seperti penjelasan sebelumnya, CMS ini tidak menggunakan database sebagai penyimpanan. Semua data yang ada dalam website disimpan dalam file bertipe xml sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan backup setiap file dari website Anda hanya dengan menggunakan USB. Proses ini yang membuat penyimpanan pada CMS ini termasuk penyimpanan portabel. Fitur ini mungkin tidak cocok bagi semua orang. Bagi Anda yang merasa sesuai dengan jenis penyimpanan portabel dapat mencoba CMS ini dalam website.

  1. Kolaboratif

Pengguna bisa membuat 5 profil yang berbeda. Masing-masing profil dapat digunakan untuk keperluan yang berbeda, misalnya untuk keluarga, teman, atau perusahaan. Tampilan website akan menyesuaikan dengan profil tersebut. Selain itu, setiap profil juga memiliki tingkat perizinan yang berbeda. Fitur PluXml ini cocok digunakan untuk pengguna yang selalu sibuk dan memiliki banyak kegiatan berbeda di berbagai tempat yang tidak bisa diabaikan. Pengelolaan setiap profil tersebut dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

  1. Multibahasa

Pengembang PluXml yang berasal dari Perancis menargetkan pengguna dari berbagai negara. Agar mempermudah penggunanya, pengembang CMS ini menghadirkan banyak bahasa. Pada versi terakhir terdapat 11 bahasa yang dapat digunakan, yaitu Rusia, Romania, Portugal, Polandia, Oksitan, Jerman, Italia, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Prancis. Sayangnya bahasa Indonesia masih belum tersedia sehingga pengguna Indonesia dapat menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Namun, hal ini sangat membantu pengguna dari berbagai belahan dunia.

  1. Tema

Tampilan website adalah hal yang terkadang dilupakan. Padahal tampilan website bisa menjadi hal yang menarik pengunjung. Tema dapat memperindah tampilan website Anda. Tema yang dihadirkan sangat beragam dan dapat diganti sesuka hati. Pengguna juga bisa melakukan kustomisasi tema sesuai keinginannya. Tema yang digunakan dalam website jika menggunakan CMS ini dapat didukung oleh PC dan smartphone dengan berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, atau BlackBerry. Anda tidak perlu khawatir tema tidak bisa bisa dibuka di perangkat tertentu. Pengguna dapat menyesuaikan tema sesuai dengan kebutuhan website dan konsep yang diusung.

  1. Pengelolaan media

Dalam website tentunya ada banyak media yang tersimpan. Penyimpanan dalam website membutuhkan pengelolaan agar mudah untuk digunakan atau dicari. Pengelolaan yang baik dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi atau fitur dalam CMS website tersebut. PluXml menyediakan media manager khususnya untuk gambar dan dokumen yang ada dalam website. Media manager yang disediakan sangat mudah untuk dioperasikan dan digunakan bahkan bagi pengguna awam.

Fitur-fitur yang disebut di atas belum mencakup semua fitur yang tersedia. Banyak fitur yang dihadirkan oleh PluXml dengan kegunaan yang beragam untuk website Anda. Apabila Anda berminat, CMS ini dapat diinstal melalui Softaculous yang ada di cPanel Hosting Anda.