Mengenal CMS Diskusi Online phpBB Dan Cara Installnya di Localhost

cms untuk membangun website forum bulletin board phpbb 760x304 » Mengenal CMS Diskusi Online phpBB Dan Cara Installnya di Localhost

PHP Bulletin Board atau yang kerap disingkat dengan istilah phpBB merupakan sebuah perangkat lunak yang didistribusikan secara freeware atau gratis. Perangkat tersebut sudah tersedia di GNU General Public Licence. Dibuat pada tahun 2000, perangkat lunak ini kemudian berkembang menjadi sebuah CMS (Content Management System) berkategori bulletin board. Bulletin board ini paling banyak digunakan di forum diskusi online. Simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Sejarah Serta Cara Menginstall phpBB di Localhost

Pencetusnya yakni James Atkinson pada awalnya mengembangkan bulletin board ini hanya untuk web pribadinya. Kemudian sejumlah kawannya mulai bergabung untuk mengembangkannya. Versi pertamanya kemudian diluncurkan. Sampai sekarang versi yang paling stabil dari phpBB merupakan versi ketiganya.

Versi 3 ini mempunyai fitur utama berupa desain modular di control panel admin, control panel user, serta control panel moderator. Selain itu versi 3 tersebut mendukung sejumlah DBMS (Database Management System) seperti misalnya Microsoft SQL Server, MySQL, PostgreSQL, SQLite, Oracle, dan juga Firebird. Versi yang satu ini juga memungkinkan adanya level subforum tanpa batas serta bisa menciptakan custom-defined BBCode.

cms untuk membangun website forum bulletin board phpbb » Mengenal CMS Diskusi Online phpBB Dan Cara Installnya di Localhost

Adapun kelebihan dari menggunakan phpBB antara lain sebagai berikut:

  1. Kerap dipakai karena sistem databasenya mudah digunakan.
  2. Tampilannya bagus.
  3. Terdapat sejumlah pilihan thread seperti contohnya thread polling.
  4. Penginstallan tidak sulit.

Berbicara mengenai penginstallannya, berikut adalah cara menginstall phpBB dengan memakai localhost di web servernya:

  1. Sebelum memulai penginstallan, terlebih dahulu Anda harus membuat database. Ketikkan saja di web browsernya yaitu “localhost/phpmyadmin”, lalu pilih create new database bernama phpbb berikut user dan password untuk hak akses ke database yang dibuat.
  2. Selanjutnya adalah masuk ke tahap instalasi. Pastikan perangkat lunak tersebut sudah Anda unduh terlebih dahulu.
  3. Ekstraklah di folder \xampp\htdocs\. Anda bisa mengekstraknya dengan nama folder yang sama dengan nama dari databasenya.
  4. Setelah itu ketikkan di browser Anda yaitu “http://localhost/phpbb” lalu pilihlah install. Setelah itu klik Proceed to Next Step.
  5. Langkah selanjutnya adalah masuklah ke Instalation Compatibility. Jika sudah kliklah Start Install.
  6. Kemudian isikanlah database configurationnya yang meliputi :
  • Database Type : Isi dengan MSQL with MSQLI Extension.
  • Database Server Hostname or DSN  : Isi dengan Localhost
  • Database Server Port : Bagian ini tidak perlu diisi. Cukup kosongkan atau biarkan saja.
  • Database Name : Isi dengan nama database yang sudah dibuat di phpmyadin yang lalu.
  • Database Username : Isi dengan user yang sudah dibuat pada langkah pembuatan database dengan full user privileges atau hak penuh untuk akses ke database
  • Database Password : Isi dengan password untuk user db yang sudah dibuat pada langkah pembuatan database
  • Prefix for Tables in Database : Isi dengan phpbb_

Jika semua data itu sudah diisi maka kliklah Proceed to Next Step. Nantinya akan muncul Proceed to Next Step setelah database connectionnya berhasil.

  1. Langkah selanjutnya adalah di tahap setup administrator. Anda bebas mengisinya. Jika sudah klik lagi Proceed to Next Step.
  2. Klik lagi Proceed to Next Step selama 2 kali. Nanti Anda bisa melewati halaman yang muncul karena Anda hanya melakukan penginstallan di Localhost. Setelahnya klik lagi Proceed to Next Step sebanyak 2 kali.
  3. Jika proses penginstallan sudah selesai maka kliklah login dan masuk sebagai administrator.
  4. Apabila muncul peringatan maka hapuslah folder Install di folder instalasi sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai proses penginstallan phpBB. Meski masih ada sejumlah kekurangan seperti misalnya rawannya spam ataupun proses peng-update-annya yang harus dilakukan dengan otomatis yang mana beresiko terjadinya Bandwidth Limit Exceeded, namun keunggulan dari perangkat lunak ini lebih banyak.