Panduan Cara Mudah Menginstall Hotaru CMS Melalui Cpanel dengan Softaculous

fitur hotaru cms 690x304 » Panduan Cara Mudah Menginstall Hotaru CMS Melalui Cpanel dengan Softaculous

Hotaru CMS merupakan suatu perangkat lunak CMS open source. Perangkat lunak tersebut ditulis dalam PHP. Aplikasi ini memungkinkan Anda dalam menjalankan sebuah situs dengan basis bookmark serta sosial seperti misalnya Reddit dan Digg dengan mudah. Dengan lebih dari 100 plugin yang bisa dipilih, Hotaru memiliki banyak keunggulan. Berikut penjelasan lebih lengkap beserta cara menginstallnya.

Cara Menginstall Hotaru CMS

Hotaru CMS dibuat untuk membantu menjalankan situs dengan menyenangkan. Anda bisa membuat situs bookmark dan juga situs dimana para penggunanya bisa saling terlibat di komunitas yang positif. Selain itu aplikasi ini juga fokus untuk dipakai individu maupun organisasi yang ingin menerapkan situs dengan basis pemungutan suara atau voting. Bisa dibilang Hotaru sudah mencapai di tingkat kematangan yang terbilang signifikan dalam waktu yang singkat.

fitur hotaru cms » Panduan Cara Mudah Menginstall Hotaru CMS Melalui Cpanel dengan Softaculous

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda bisa mendapatkannya secara gratis sampai ke pluginnya. Yang paling menarik dari Hotaru CMS yaitu kemampuannya dalam bertindak sebagai situs bookmark sosial. Selain itu forum tersebut terbilang aktif juga. Komunitasnya aktif dan juga memiliki kemampuan yang berfungsi untuk blog, majalah, maupun situs bookmark statis maupun sosial. Sudah pasti aplikasi ini sangat multifungsi.

Dengan adanya 15 tema yang ada bagi sistemnya dan juga pluginnya yang banyak membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Perangkat lunak yang sudah dikembangkan semenjak Juni 2009 ini sudah melewati sejumlah pembaharuan hingga sekarang.

Fitur yang ada di Hotaru CMS terbilang komplit. Fitur tersebut yakni Bookmarking, User Registration, Private Messaging, Voting on Content, RSS Feeds, User Profiles, Sitemap Templates, SEO Built In, Site Admin Dashboard, serta Comment System.

Adapun cara untuk menginstall Hotaru menggunakan Softaculous antara lain sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah masuk atau login terlebih dahulu ke cPanel Hosting Anda.
  2. Jika sudah maka carilah menu bernama Softaculous. Anda bisa mencarinya di pencarian dengan memasukkan keyword Softaculous.
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman Softaculous maka carilah Hotaru di bagian pencarian dengan memasukkan kata kuncinya.
  4. Selanjutnya Anda bisa klik install lalu isi kolom-kolom yang ada di sana. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika In Directory tidak usah diisi. Apabila penginstallan Hotaru hendak masuk ke public_html, maka berikut detail lebih lengkapnya : Di bagian Software Setup, Choose Protolnya yakni menggunakan www atau non-www:
  • http:// : Website defaultnya hanya dapat dibuka hanya menggunakan domain alias tanpa www.
  • http://www  : Apabila website default-nya ingin dapat dibuka dengan www.
    – Di bagian form In Directory kosongkan saja karena untuk menginstall di web root ataupun langsung di domain yang dimiliki.
    – Di bagian Admin Account Anda perlu mengisi :

Admin Username : Isi user administrator website milik Anda.

Admin Password : Isi kata kunci administrator situs milik Anda.

Admin Email : Isi email Anda. Bagian ini berfungsi untuk melakukan reset password saat Anda lupa kata kunci administratornya.

  1. Langkah terakhir adalah klik saja install. Tunggu hingga proses penginstallan selesai di browser yang Anda pakai.

Itulah tadi penjelasan mengenai Hotaru CMS beserta cara menginstallnya. Dengan keunggulan yang menarik itu tak heran banyak orang menggunakan perangkat lunak tersebut. Selain itu cara menginstallnya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Asalkan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan urut maka proses installasi bisa berjalan lancar.