Mengenal CMS Question2Answer untuk Membangun Situs Web Tanya Jawab

cms untuk membuat situs web tanya jawab question2answer 760x304 » Mengenal CMS Question2Answer untuk Membangun Situs Web Tanya Jawab

Question2Answer adalah salah satu CMS berupa open source platform yang berperan dalam membangun sebuah situs tanya jawab atau sering disebut dengan situs Q&A (question and answer). Situs yang bernama Q&A ini merupakan sebuah situs dengan basis forum atau komunitas, dimana situs ini akan membantu komunitas online untuk saling berbagi pengetahuan. Dalam hal ini, setiap member yang ada didalam forum tersebut dapat saling bertanya jawab dan juga menerima jawaban dari setiap pertanyaan yang telah diajukan oleh member lainnya.

Fitur-Fitur Dalam Question2Answer

Dengan situs berbasis Q&A ini, maka para member situs dan pengunjung lainnya akan lebih merasa nyaman dengan interaksi yang ada didalam situs, serta mampu membuat pengunjung kembali lagi untung mengunjungi situs tersebut. Untuk saat ini konten Q&A dapat membuat trafik mesin mencari meningkat secara drastis karena kebanyakan pencarian web dilakukan dengan mengajukan pertanyaan.  Question2Answer memiliki sifat open source serta lisensi dibawah GPL v2+ sehingga dapat dicoba tanpa adanya biaya alias gratis.

cms untuk membuat situs web tanya jawab question2answer » Mengenal CMS Question2Answer untuk Membangun Situs Web Tanya Jawab

Selain itu, masih ada beberapa fitur menguntungkan pada situs ini yang akan diulas sebagai berikut.

  1. Fitur Interaksi

Dalam kelompok fitur interaksi yang ada pada situs Question2Answer, Para member situs dan pengunjung dapat mengajukan pertanyaan serta menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh orang lain. Selain itu, para pengunjung dapat follow-on atau mengikuti member lain serta melakukan voting melalui komentar untuk jawaban terbaik dan menutup pertanyaan.

  1. Penggunaan Avatar dan Penggantian Tema

Para member dari situs ini dapat mengganti avatar yang ada pada akun mereka menggunakan gambar yang diinginkan sehingga memudahkan untuk membedakan antara satu akun dengan akun lainnya. Tema pada setiap akun juga dapat diganti sesuai selera penggunaannya dengan berbagai pilihan tema berstandar CSS. Selain penggantian avatar dan tema, masih ada berbagai kustom yang dapat dilakukan oleh para penggunanya seperti pemilihan model huruf, widget, sidebar, link, halaman dan kustom lainnya.

  1. Keamanan Situs

Dari segi keamanan, situs berbasis Q&A ini tidak perlu dipertanyakan lagi tingkat keamanannya. Dalam situs ini terdapat fitur pengaman dari CRSF, XSS, dan serangan injeksi dari SQL. Situs ini juga mampu mengalahkan spam dengan sistem CAPTCHA, flagging atau moderasi, dan rate limiting. Selain itu, penambahan fitur keamanan berupa alamat IP, sensor kata, dan blok pengguna mampu membuat situs Q&A ini menjadi lebih aman dalam penggunaannya.

  1. Hubungan dengan Situs Lain

Untuk memasuki situs dengan basis Q&A ini, para penggunanya dapat masuk melalui akun facebook atau akun lainnya dengan pengaturan pada plugin. Situs ini juga dapat berintegrasi dengan WordPress 3+ dengan sistem out of the box. Keberadaan fitur kustom single sign on juga mampu membuat situs ini didukung oleh situs lain.

  1. Pengelolaan Situs

Pengelolaan pengguna dalam situs ini sangatlah lengkap, termasuk dalam pengelolaan reputasi yang didasarkan pada poin yang diperoleh. Situs ini juga mampu terintegrasi oleh mesin pencari disertai pengecekan untuk pertanyaan yang sama dan penambahan tagging atau penandaan kategori hingga 4 tingkat. Selain itu, penambahan beberapa fitur seperti editors, membuat experts, admins, dan moderators pastinya akan memudahkan pengelolaan dalam situs ini.

Itulah penjelasan singkat mengenai  situs Question2Answer beserta berbagai fitur yang ada didalamnya. Dengan berbagai kelebihan dari fitur-fiturnya, tentunya akan sangat menguntungkan dan membantu Anda yang berkeinginan untuk membangun situs berbasis Q&A.