Langkah Praktis Instalasi CMS PHP-Nuke untuk Pengelolaan Situs Anda

instalasi cms phpnuke via cpanel dengan softaculous 802x480 » Langkah Praktis Instalasi CMS PHP-Nuke untuk Pengelolaan Situs Anda

CMS sebagai alat bantu pengelolaan website dapat mempermudah kita dalam mengembangkan situs yang kita handle. Ketika Anda menyewa hosting untuk menaruh file dari website yang hendak dibuat, penyedia hosting dapat membantu Anda memberi rekomendasi CMS yang sesuai untuk web yang akan dibangun. Salah satu opsi CMS yang dapat Anda pilih adalah PHP-Nuke. CMS tersebut merupakan CMS template sehingga pengembangan website menjadi lebih dinamis saat menggunakan bahasa PHP. Fungsinya yang cukup lengkap menjadikannya referensi dari banyak penyedia hosting untuk bagi para pengguna.

Panduan 5 Langkah Memasang PHP-Nuke Via Cpanel dengan Bantuan Softaculous

Anda bisa meminta penyedia hosting untuk menginstal CMS ini. Di sisi lain Anda juga bisa memasangnya sendiri. CMS ini dapat dicari melalui autoinstaller yang tersedia di Softaculous pada akun cPanel Anda sehingga sangat praktis tanpa perlu upload manual source installer ke hosting, mudah bukan?

instalasi cms phpnuke via cpanel dengan softaculous » Langkah Praktis Instalasi CMS PHP-Nuke untuk Pengelolaan Situs Anda

Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk memasang PHP-Nuke melalui Softaculous.

  1. Login cPanel

Langkah pertama adalah masuk ke cPanel dalam website Anda. Anda bisa klik cPanel atau langsung menuliskan link di address bar. Link yang ditulis adalah [nama domain].com/cpanel atau [nama domain].com:2082. Gunakan salah satu link tersebut untuk masuk ke cPanel website. Setelah itu, masukkan username dengan password. Ketikkan dengan benar sehingga Anda dapat login. Klik login apabila sudah memasukkan username dan password yang benar.

  1. Pilih CMS dalam Softaculous

Setelah login, Anda akan masuk dalam jendela Software/Services. Dalam jendela tersebut akan muncul banyak pilihan. Pilihlah menu Softaculous dengan ikon kotak bertuliskan ‘Softaculous’. Pada halaman selanjutnya, terdapat berbagai opsi yang bisa dipilih. Anda cukup memilih opsi Portals/CMS. Saat Anda klik opsi tersebut, akan ada CMS yang muncul. Cari CMS PHP-Nuke. Pilih untuk mulai instalasi CMS tersebut dalam website Anda.

  1. Instalasi CMS

Halaman yang muncul selanjutnya adalah informasi mengenai CMS tersebut mulai dari ringkasan, fitur, dan tangkapan layar CMS. Klik tombol Install untuk memulai instalasi. Tunggu selama beberapa saat sampai proses instalasi CMS selesai. Ketika proses instalasi selesai, Anda dapat mengatur CMS tersebut agar penggunaan lebih mudah.

  1. Pengaturan protokol

Pengaturan CMS PHP-Nuke dapat dilakukan melalui Softaculous di halaman yang sama seperti saat instalasi. Pengaturan yang ada mulai dari protokol, domain, sampai nama database. Untuk protokol, pilihlah http:// atau http://www. Pemilihan salah satu protokol akan berpengaruh terhadap cara memuat website. Contohnya jika memilih http:// maka website hanya bisa dibuka dengan http://namadomain.com. Form in directory dapat dikosongkan jika ingin instalasi langsung di website. Nama database diisi sesuai dengan nama yang ingin digunakan dengan syarat maksimal 7 karakter.

  1. Pengaturan situs, database, dan akun administrator

Ada beberapa kolom yang tersedia. Pada pengaturan situs, isilah site name dengan nama website dan site description dengan deskripsi singkat website Anda. Pada pengaturan database, pilihlah opsi default. Pada pengaturan akun administrator, tuliskan nama pengguna di admin username, password di admin password, nama Anda di real name, dan e-mail di kolom admin e-mail. Klik tombol install yang ada di bawahnya. Cobalah masuk melalui link administrative (misal, namadomain.com/admin.php). Pada kolom yang ada masukkan username dan password yang sebelumnya telah dibuat. Jika berhasil, maka instalasi telah berhasil dilakukan dan website Anda dapat menggunakan fitur yang ada.

Itulah langkah yang perlu dilakukan. Anda tidak memerlukan informasi khusus untuk bisa instalasi sendiri. Apabila pada proses instalasi PHP-Nuke muncul pesan yang mengatakan bahwa directory sudah ada, maka centang opsi overwrite directory and file. Selanjutnya coba untuk instalasi lagi dengan klik tombol install yang ada tanpa perlu mengulang langkah dari awal. Selamat mencoba!