Pilih Mana, Layanan Web Hosting Indonesia atau Luar Negeri?

pertimbangan pilih hosting lokal atau luar negeri 760x304 » Pilih Mana, Layanan Web Hosting Indonesia atau Luar Negeri?

Bagi anda yang mau mulai membuat blog atau website untuk dimonetisasi, pastinya hal pertama yang harus anda persiapkan adalah domain dan juga web hostingnya. Berbicara mengenai layanan web hosting, anda memang bisa memilih menggunakan layanan web hosting Indonesia ataupun luar negeri.

Karena anda bisa memilih menyewa layanan web hosting Indonesia ataupun luar negeri, banyak orang justru bingung menentukan mana yang lebih baik dari keduanya. Jadi bagaimana? Apakah anda sebaiknya harus menggunakan layanan web hosting Indonesia ataukah anda justru harus menggunakan layanan website luar negeri?

Jika anda mencari tahu layanan web hosting mana yang seharusnya anda gunakan jika mau membuat blog atau website yang dimonetisasi, anda bisa pelajari hal tersebut lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Perbedaan Layanan Web Hosting Indonesia Dengan Luar Negeri

Sebelum membahas mengenai mana yang lebih baik antara layanan web hosting Indonesia dengan luar negeri, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa saja sebenarnya yang membedakan antara layanan web hosting di Indonesia dan juga yang di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara layanan web hosting Indonesia dengan luar negeri:

  1. Teknologi yang digunakan

Hal pertama yang membedakan antara layanan web hosting di Indonesia dan luar negeri adalah mengenai teknologi yang digunakan.

Jika berbicara mengenai teknologinya, jelas layanan web hosting di luar negeri itu jauh lebih baik dibandingkan dengan yang ada di Indonesia mengingat teknologi terbaru paling vital terkait CPU (Central Processing Unit) dimiliki oleh dunia barat.

Namun hal ini jelas harus dibandingkan dengan yang setara. Jadi yang dibandingkan harus layanan web hosting terbaik di Indonesia dengan layanan web hosting terbaik di luar negeri.

  1. Hosting uptime

Karena teknologi yang digunakan berbeda, jelas hal tersebut akan membuat semakin banyak perbedaan antara layanan web hosting Indonesia dengan yang ada di luar negeri.

Perbedaan kedua antara layanan web hosting di Indonesia dengan yang ada di luar negeri adalah masalah hosting uptime nya.

Apa itu hosting uptime? Yang dimaksud dengan hosting uptime itu adalah seberapa baik sebuah hosting bisa diakses oleh visitor. Hitungan dari hosting uptime ini biasanya dalam bentuk persentase.

Jika berbicara mengenai hosting uptime, jelas web hosting luar negeri yang terbaik jelas bisa mengalahkan layanan web hosting Indonesia.

Layanan web hosting luar negeri yang terbaik benar-benar bisa menjamin bahwa hosting uptime nya adalah sebesar 99,9%. Jadi jelas, website atau blog anda akan sangat jarang tidak bisa diakses secara tiba-tiba.

  1. Nilai latency yang rendah

Banyak orang membandingkan masalah bandwidth antara layanan web hosting Indonesia dengan luar negeri.

Jika berbicara mengenai bandwidth, sekarang sebenarnya antara layanan web hosting di Indonesia maupun di luar negeri itu tidak berbeda jauh.

Yang sebenarnya sangat membedakan antara layanan web hosting Indonesia dengan luar negeri adalah nilai latency.

pertimbangan pilih hosting lokal atau luar negeri » Pilih Mana, Layanan Web Hosting Indonesia atau Luar Negeri?

Apa itu latency? Banyak orang memang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan latency. Yang dimaksud dengan latency itu adalah lamanya data anda bisa dikirimkan dari hosting menuju ke visitor.

Semakin rendah nilai latency sebuah layanan web hosting, maka semakin baik kualitasnya.

Berbicara mengenai latency, yang menjadi pertimbangan utama adalah target visitor dari website Anda, apakah luar negeri ataukah visitor lokal dari Indonesia. Untuk target luar negeri tentunya Anda lebih baik menggunakan server hosting luar negeri semisal Amerika Serikat. Namun bila Anda menargetkan website yang Anda kelola adalah untuk pengunjung lokal, akan lebih menguntungkan bila Anda sewa hosting di Indonesia saja atau yang biasa disebut server IIX (Indonesia Internet Exchange).

Tips Memilih Antara Layanan Web Hosting Indonesia atau Luar Negeri

Jadi, jika dilihat dari pembahasan mengenai perbedaan layanan web hosting Indonesia dengan luar negeri, memang layanan web hosting di luar negeri akan lebih menguntungkan melihat tingkat kemajuan teknologi terbaru yang mereka gunakan.

Namun apakah itu berarti memang anda semua yang mau membuat blog atau website yang nantinya akan dimonetisasi harus menggunakan web hosting luar negeri?

Ternyata, keunggulan layanan web hosting luar negeri dari layanan web hosting Indonesia itu tidak membuat anda harus selalu menggunakan hosting luar negeri.

Pasalnya, ada banyak sekali faktor yang harus anda pertimbangkan jika mau memilih menggunakan layanan web hosting Indonesia ataupun luar negeri, terlepas dari mana yang lebih baik.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang harus anda perhatikan untuk memilih menggunakan layanan web hosting Indonesia atau luar negeri:

  • Siapa target visitor website atau blog yang mau anda buat?

Faktor pertama yang wajib anda perhatikan jika anda mau memilih menggunakan layanan web hosting Indonesia atau luar negeri adalah siapa target visitor anda.

Jika target visitor blog atau website anda memang orang Indonesia, ya anda memang disarankan untuk menyewa layanan web hosting yang ada di Indonesia saja.

Kenapa? Karena semakin dekat lokasi server hosting dengan target visitor anda itu membuat website atau blog anda lebih mudah diakses.

Jadi, sebelum menentukan pilih menggunakan layanan web hosting Indonesia atau luar negeri, cek terlebih dahulu siapa target visitor website ataupun blog anda nanti.

  • Kemudahan proses pembayarannya

Selain memperhatikan mengenai siapa target visitor website ataupun blog, anda juga perlu memperhatikan mengenai kemudahan proses pembayaran ketika mau menyewa layanan web hosting.

Perlu anda ketahui, anda membutuhkan kartu kredit atau paypal dan layanan pembayaran internasional lainnya jika anda mau menggunakan layanan web hosting luar negeri. Oleh sebab itu, jika anda memang belum memiliki kartu kredit atau akun paypal terverifikasi, anda lebih disarankan untuk menggunakan layanan web hosting Indonesia saja.

Pasalnya, anda bisa membayar biaya sewa hosting Indonesia secara langsung dengan cara transfer melalui rekening bank lokal.

  • Kemudahan dalam mendapatkan bantuan

Faktor berikutnya yang juga perlu anda pertimbangkan ketika mau memilih antara layanan web hosting Indonesia dengan luar negeri itu adalah kemudahan dalam mendapatkan bantuan atau support.

Setiap kali menggunakan layanan hosting, kemungkinan besar satu atau dua kali anda kemungkinan akan menghadapi masalah.

Oleh sebab itu, kemungkinan besar anda akan membutuhkan bantuan dari tim teknisi dari penyedia layanan web hosting yang anda pilih.

Jadi pastikan anda memilih layanan web hosting yang memudahkan anda dalam memberikan bantuan atau support.

  • Kemudahan dalam upgrade layanan hosting

Faktor terakhir yang juga perlu anda jadikan pertimbangan ketika mau memilih layanan web hosting Indonesia ataupun luar negeri adalah dari kemudahan dalam upgrade layanan hostingnya.

Anda perlu memilih layanan web hosting yang memudahkan anda ketika nantinya mau melakukan peningkatan hosting. Kenapa? Karena cepat atau lambat, website atau blog yang anda buat secara serius pasti trafficnya akan jauh lebih tinggi.

Jika traffic website atau blognya naik, jelas anda membutuhkan bandwidth yang lebih besar lagi bukan?

Jadi memang benar layanan web hosting Indonesia itu masih tidak bisa dibandingkan dengan layanan hosting di luar negeri. Namun demikian, bukan berarti anda harus selalu memilih menyewa layanan hosting luar negeri.

Meskipun masih belum sebaik layanan web hosting di luar negeri, namun layanan web hosting Indonesia itu juga sudah cukup memadai digunakan untuk membuat blog atau website yang nanti akan dimonetisasi untuk target visitor lokal.