Ini Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Monetisasi Blog Dengan Google Adsense

cara daftar program google adsense untuk website atau blog 760x304 » Ini Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Monetisasi Blog Dengan Google Adsense

Anda suka menulis di blog? Maka gunakan kemampuan itu untuk menghasilkan uang sendiri. Cara yang satu ini berguna karena Anda bisa mendapatkan penghasilan hanya dari blog. Caranya adalah dengan melakukan monetisasi blog dengan adsense. Program pengiklanan dari Google ini tidak hanya berlaku bagi Youtube, tapi juga untuk blog atau website Anda. Lalu apa saja hal yang harus Anda perhatikan?

Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Monetisasi Blog Dengan Adsense

  1. Kualitas Blog

Langkah pertama agar monetisasi blog dengan adsense bisa berhasil adalah dengan memperhatikan kualitas blog. Blog yang biasa-biasa saja atau memiliki konten yang tidak menarik berkemungkinan besar untuk tidak lolos saat verifikasi dari tim adsense. Dalam mendaftar adsense tidak semuanya akan lolos. Anda harus mempunyai kemampuan menulis dan membuat konten sekreatif mungkin. Dengan begitu maka konten yang diinginkan adsense bisa terpenuhi. Dan lagi Anda tak akan lolos adsense apabila konten yang dibuat terbukti plagiat. Google bisa saja membanned atau menghapus akun adsense Anda.

  1. Properti Blog Memadai

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah adanya properti blog yang memadai. Bukan hanya konten menarik saja, properti blog yang Anda sediakan juga akan diperhatikan. Walaupun konten bagus dan pengunjungnya terlihat banyak tapi jika properti blog tidak memadai maka adsense bisa saja menolak permintaan pendaftaran Anda. Anda harus teliti saat mendaftarkan blog karena kesalahan sederhana saja bisa menggagalkannya.

cara daftar program google adsense untuk website atau blog » Ini Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Monetisasi Blog Dengan Google Adsense

Adsense sangat mempertimbangkan beberapa hal seperti misalnya kepercayaan, kemudahan akses dan navigasi pengunjung, serta tingkat transparasinya. Setidaknya Anda harus menyediakan informasi mengenai profil pemilik blog, alamat email, formulir kontak, navigasi yang tidak membingungkan serta responsive atau tidak macet (lola – loading lambat). Anda bisa menguji ulang blog secara teratur untuk tahu update informasi dan kemajuan blog tersebut.

  1. Privacy Policy

Privacy policy menjadi hal lain yang harus dicermati dalam monetisasi blog dengan adsense. Kebijakan privasi adalah kebijakan dari suatu situs untuk menumbuhkan kepercayaan pengguna jika situs yang dibuat tidak asal-asalan. Jadi akan sangat terjaga dari pidana maupun perdata yang bisa merugikan banyak pihak. Di halaman privacy policy ini akan dijelaskan bagaimana perekaman data atau penggunaan data saat situs tersebut memakai program tertentu, termasuk Google Adsense.

  1. Blog Harus Steril

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya jika blog harus terus dalam keadaan steril atau bersih dari iklan lain misalnya iklan pop up dan PPC lain. Dengan begitu maka bisa mempercepat atau tidak menghambat persetujuan pendaftaran dari pihak adsensenya. Anda sebenarnya boleh saja menempatkan iklan adsense bersama program iklan yang lain, namun agar mempermudah persetujuan alangkah baiknya saat mendaftarkan blog atau website bersih dari iklan. Anda juga dilarang untuk melakukan redirect ke laman lain yang tidak sesuai.

  1. Mematuhi Pedoman Webmaster Google

Yang terakhir dalam monetisasi blog dengan adsense adalah dengan mematuhi pedoman webmaster Google. Masih banyak para blogger yang tidak tahu tentang webmaster. Jadi blog atau situs mereka akan tidak terjaga dengan benar. Blog mereka bisa pula terkena penalty untuk pencarian keyword tertentu bahkan bisa de-index di Search Engine Result Page. Hal itu tentunya akan memberi dampak buruk di proses persetujuan dari adsense. Anda akan dianggap tidak bisa melakukan promosi situs dengan baik. Untuk itu penting untuk tahu mengenai webmaster sebagai langkah antisipasinya.

Webmaster bisa membantu memberi info mengenai visibilitas blog di search engine. Jadi Anda bisa mengoptimasi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Pengguna atau pembaca blog tentunya akan lebih mudah menemukan konten melalui search engine. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui tentang pedoman webmaster dari Google dengan benar.

5 hal yang harus diperhatikan dalam monetisasi blog dengan adsense tersebut tentunya bisa membantu Anda supaya disetujui pengajuan adsensenya. Apabila Anda memperhatikan paling tidak kelima hal yang telah disebutkan di atas, maka proses persetujuan akan diharapkan berjalan dengan lancar.