Langkah Mudah Cara Daftar Google Adsense untuk Youtube

cara daftar google adsense youtube 760x304 » Langkah Mudah Cara Daftar Google Adsense untuk Youtube

Youtube adalah salah satu tempat dimana Anda bisa menemukan banyak hal melalui media video dan juga mendapatkan penghasilan. Lantas bagaimana cara menghasilkan uang melalui Youtube? Caranya adalah melalui Adsense. Program advertising milik Google ini dapat membantu memberikan penghasilan bagi Youtuber melalui iklan-iklannya yang terpasang pada video sang pengunggah. Tertarik? Simak cara daftar adsense Youtube berikut ini untuk mencobanya.

Cara Mudah dan Cepat untuk Daftar Adsense Youtube

  1. Membuat Akun Gmail

Tahapan paling awal dalam cara daftar adsense Youtube adalah dengan membuat akun Gmail. Nantinya Anda akan mendapatkan alamat email beserta akun Google yang bisa dipakai untuk masuk ke semua produk dari Google seperti misalnya Youtube itu sendiri, Adsense, Blogger, dan lain sebagainya.

  1. Membuat Akun Youtube

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri ke Youtube. Untuk bisa daftar adsense Youtube maka Anda harus memiliki channel Youtube terlebih dahulu. Buka saja Youtube dan login dengan memakai email yang sudah dibuat. Jika akun sudah terbuat, maka masuk saja ke pengaturan “Video Manager” di akun tersebut. Di bagian pojok kanan sebelah atas akan ada gambar profil akun Anda, klik saja tulisan “Creator Video”. Nantinya akan ada jendela baru yang mengharuskan Anda untuk membuat saluran atau channel.

  1. Mengunggah Video

Setelah Anda membuat saluran maka langkah selanjutnya adalah mengunggah video. Video yang diunggah bebas. Anda bisa mengunggah video tutorial, hobi, tips, review, cover lagu, dan sebagainya selama tidak melanggar aturan. Video tersebut haruslah asli buatan Anda dan tidak melanggar hak cipta. Upload minimal 3 sampai 5 video dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di sana. Pilihlah judul, deskripsi, dan tag yang sesuai, serta SEO Friendly.

  1. Daftar Adsense di Youtube

Langkah selanjutnya adalah daftar adsense Youtube. Anda bisa kembali ke menu “Creator Studio” tadi. Masuklah ke menu saluran dan pilih “Status dan Fitur”. Di kolom “Monetisasi” pilih saja “Aktifkan Akun Saya”. Checklistlah semua kolom syarat dan ketentuan yang ada di kotak lalu klik “Saya Setuju”. Selanjutnya Anda bisa memberikan centang pada opsi “Iklan hamparan dalam video” dan juga “Iklan video yang dilompati”, lalu pilih “Monetisasi” dan “Paham”. Hingga di tahap ini Anda sudah hampir menyelesaikan akun Adsense yang dibuat. Video Anda sedang di tahap peninjauan.

cara daftar google adsense youtube » Langkah Mudah Cara Daftar Google Adsense untuk Youtube

Apabila video yang diunggah sudah berhasil dimonetisasi maka akan ada tanda dollar di lingkaran hijau. Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah kembali ke menu saluran. Jika langkah tersebut dilakukan dengan tahapan yang benar maka akan ada tulisan “Anda dapat menggunakan iklan untuk memonetisasi video”. Pilih saja “Diaktifkan” untuk mengaktifkannya. Anda bisa melihatnya monetisasi berhasil diaktifkan atau tidak d bagian “Status dan Fitur”.

  1. Mengaitkan ke Adsense Youtube

Langkah lainnya adalah mengaitkannya ke adsense Youtube. Caranya adalah dengan masuk ke bagian “Monetisasi” yang berada di bawah “Status dan Fitur”. Pilihlah tulisan “Bagaimana saya akan dibayar?” dan pilih “Mengaitkan akun adsense”. Nantinya Anda akan dialihkan ke adsense dan klik saja “Berikutnya”. Anda akan mendapatkan pilihan untuk masuk ke akun Google atau akun baru untuk daftar ke adsense. Klik saja “Masuk”. Selanjutnya Anda perlu mengisi semua informasi yang dibutuhkan di sana. Isi data dengan valid dan jangan asal-asalan. Di kolom preferensi email Anda bisa mengisinya dengan ya ataupun tidak. Terserah Anda. Lalu pilih “Kirim Permohonan Saya”. Jika proses tersebut sudah selesai maka itu artinya pengajuan adsense sudah dikirim dan akan ditinjau.

  1. Memasang Iklan

Tahapan yang terakhir adalah pemasangan iklan. Anda akan mendapatkan email pengajuan selama kurang lebih 7 hari. Jika diterima maka Anda akan diminta untuk memasang unit iklan. Klik saja “Mulai” dan nantinya akan muncul taksiran penghasilan Anda. Selesai.

Selain informasi unik dan menarik, rupanya Youtube juga bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang. Itu sebabnya semakin hari peminat Youtube semakin banyak dibanding beberapa tahun yang lalu. Itulah tadi penjelasan mengenai cara mudah dan cepat daftar adsense untuk Youtube.