Panduan Membuat Blog dengan WordPress secara Gratis

panduan ngeblog wordpress gratis 760x304 » Panduan Membuat Blog dengan Wordpress secara Gratis

Membuat blog dengan wordpress adalah kegiatan yang cukup menarik untuk dibahas. Blog zaman sekarang bukan hanya digunakan untuk sekedar iseng ataupun hanya menulis sebuah cerita. Sebuah blog juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Keberhasilan wordpress menjadi platform blogging dengan popularitas yang tinggi dikarenakan memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan oleh penggunanya. Lalu seperti apa cara membuat terminologi yang dikenal sejak tahun 1998-an yang berasal dari penggabungan kata “Web dan Log” ini? Simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Cara dan Panduan Membuat Blog Dengan WordPress

Sebenarnya terdapat dua versi dalam wordpress, seperti wordpress.org berbasis cms yang berbayar dan membutuhkan hosting sekaligus domain terlebih dulu. Kemudian untuk versi gratisnya adalah wordpress.com dengan tambahan subdomain di belakangnya (nama-blog.wordpress.com). Untuk memiliki blog sendiri sebenarnya tidak memerlukan cara yang sulit, langkah-langkahnya dapat Anda lihat pada bacaan dibawah ini.

  1. Kunjungi Situs WordPress

panduan ngeblog wordpress gratis » Panduan Membuat Blog dengan Wordpress secara Gratis

Langkah membuat blog dengan wordpress yang pertama sudah pasti Anda harus mengunjungi situs wordpres.com terlebih dahulu. Situs ini bisa Anda akses dengan mudah melalui pc, laptop, smatphone dan lain-lain. Jika halaman sudah termuat secara penuh mulailah dengan mengklik get started. Setelah meng-klik get started, Anda akan diminta mengisi form pendaftaran menggunakan email ataupun menghubungkannya dengan akun google Anda. Disini Anda akan diminta mengisi email yang masih aktif, membuat username dan juga password.

  1. Mulai Membuat Blog Anda

Setelah melakukan pendaftaran Anda akan memasuki tahap kedua yaitu mengisi form nama dan tema blog yang akan Anda buat. Isilah form nama sesuai dengan keinginan Anda, tidak perlu bingung ataupun khawatir karena nama blog dapat Anda ubah lagi. Tahap selanjutnya yaitu membuat alamat blog Anda. Sebelum menentukan alamat blog sebaiknya Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu, agar mendapatkan alamat yang efisien dan mudah diingat. Jika alamat yang Anda masukkan tersedia akan muncul beberapa pilihan paket. Pilih paket paling atas yang menyediakan blog secara gratis, perlu diketahui saat membuat blog dengan wordpress secara gratis maka Anda tidak dapat mengubah ekstensinya. Namun jika Anda tertarik menggunakan pilihan paket lainnya dan bersedia membayar, maka Anda bisa memilih berbagai macam ekstensi sebelum membuatnya.

Pada tahap ke-empat Anda akan disediakan pilihan lagi yang dinamakan dengan start plans, ini merupakan berbagai fitur yang disediakan wordpress untuk keperluan Anda nantinya. Karena Anda membuat blog dengan wordpress secara gratis, maka lewati saja dan cukup mengeklik opsi “start with free”.

  1. Memulai Blogging

Pada langkah ini sebenarnya situs blog Anda sudah jadi, hanya saja diperlukan beberapa langkah kecil untuk memulainya seperti melakukan verifikasi email dan mengisi beberapa informasi tambahan untuk melengkapi data diri Anda. Verifikasi email bertujuan untuk memastikan apakah email yang Anda gunakan sudah benar dan tidak ada kesalahan penulisan, pada langkah ini Anda juga bisa mengganti email. Jika alamat email Anda sudah benar, maka Anda bisa mengecek verifikasi yang dikirimkan wordpress di kotak masuk email Anda.

Sama halnya dengan akun publikasi yang lain, tentunya blog Anda tidak akan lengkap jika belum menambahkan informasi dan foto profil. Dengan menambahkan foto dan informasi tambahan, maka orang yang mengunjungi blog akan lebih mengenal Anda.

Jika semua langkah tersebut sudah selesai, berarti Anda sudah berhasil membuat blog dengan wordpress. Mudah sekali bukan? Dengan menggunakan penyedia blog seperti wordpress Anda sudah bisa mendapatkan akses layaknya halaman web, bahkan secara gratis. Manfaatkanlah untuk berbagai kegiatan positif.