WordPress, Platform Favorit untuk Membuat Website dan Blog

platform cms wordpress untuk situs dan blog anda 760x304 » Wordpress, Platform Favorit untuk Membuat Website dan Blog

Saat mengelola  website, hosting adalah hal penting yang harus diperhatikan. Hosting sebagai tempat dimana Anda menyimpan data-data website baik berupa dokumen, gambar, video, aplikasi maupun database agar nantinya bisa diakses oleh pengunjung website. Salah satu CMS (Content Management System) yang sering dipakai pada hosting untuk membuat website atau blog terutama oleh pengguna Cpanel dengan fitur one-click installer Softaculous adalah wordpress. Platform ini adalah platform yang paling banyak diminati oleh pengelola website dan blog, apalagi para pemula yang masih baru dalam dunia pengelolaan website.

Ini Dia Keunggulan WordPress yang Wajib Diketahui oleh Pengguna Website

Website menjadi tempat dimana para pengguna internet mendapatkan informasi apapun yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat. Untuk membuat website pun bisa dilakukan dengan berbagai cara dan melalui berbagai platform yang ada. Salah satunya adalah WordPress, CMS yang paling sering digunakan dalam membuat sebuah situs. Para penyedia web hosting pasti menawarkan platform ini sebagai alternatif bagi Anda yang masih belum mahir dalam pengoperasian website.

platform cms wordpress untuk situs dan blog anda » Wordpress, Platform Favorit untuk Membuat Website dan Blog

Ada beberapa alasan atau keunggulan yang membuat banyak pengguna website memilih menggunakan platform ini.

  1. Mudah Digunakan

Keunggulan pertama dari WordPress adalah karena platform ini masuk ke dalam kategori Content Management System (CMS) yang terkenal dengan kemudahannya bagi pengguna untuk bisa mengelola websitenya sendiri bahkan tanpa harus menguasai coding atau bahasa pemrogaraman. Platform ini menggunakan MySQL dan PHP yang mana keduanya sudah didukung oleh semua web hosting. Tak jarang penyedia hosting atau webhosting juga menawarkan performa dan kecepatan website yang lebih dibandingkan paltform lain. Kemudahan lainnya adalah pengguna bisa membuat berbagai tipe website melalui platform ini, mulai blog untuk kebutuhan pribadi yang sederhana, hingga untuk kebutuhan bisnis.

  1. Memudahkan SEO

Keunggulan lain yang membuat banyak pengguna website memilih platform ini adalah karena sifatnya yang memudahkan SEO. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak hosting yang menawarkan platform ini, apalagi jika Anda membuat website untuk tujuan bisnis atau e-commerce. Di dalam platform ini bahkan sudah tersedia plugin SEO yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Dengan begitu kata pencarian atau bahkan situs Anda bisa berada di halaman awal bahkan posisi teratas mesin pencarian, yang mana tentu akan meningkatkan brand awareness dari pengunjung internet pada produk yang Anda tawarkan.

  1. Multimedia Files Host

Dibandingkan dengan CMS lain, platform dengan simbol W ini menawarkan multimedia files host, dimana pengguna bisa menambahkan file dalam bentuk apapun, baik itu gambar, PDF (Portable Document Format), video maupun audio. Untuk menambahkannya pun sangat mudah, karena pengguna hanya tinggal menggeser dan memindahkan file yang akan ditambahkan ke kolom media yang telah disediakan pada Dashboard WordPress. Sedangkan apabila Anda ingin menambahkan file yang bersumber dari internet, Anda tinggal menyalin URL yang diinginkan. Terlebih dengan adanya fitur library yang akan semakin memudahkan Anda dalam mengatur media yang sudah Anda masukkan tadi agar terlihat lebih teratur.

  1. Cenderung Lebih Aman

Terakhir, WordPress selalu mengupdate sistem keamanan kepada pengguna. Setiap platform yang semakin banyak penggunanya akan  semakin rawan pula dengan serangan dari hacker. Karena itulah CMS ini menawarkan adanya  update untuk membantu pengguna dalam mencegah serangan hacker.

Sebelum mulai membuat website, akan lebih baik jika Anda mengenali terlebih dahulu platform hingga hosting yang akan Anda gunakan. Dengan mengetahui kelebihan atau keunggulan dari platform tersebut,  Anda jadi tahu platform apa yang sesuai untuk kebutuhan website Anda. Penjelasan tentang keunggulan WordPress sebagai sebuah platform website dan blogging di atas semoga bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda untuk memilih platform situs sesuai kebutuhan Anda.