Panduan Sewa Hosting yang Paling Tepat dan Efisien Untuk Blogger Pemula

tips sewa hosting paling tepat efisien bagi blogger pemula 760x304 » Panduan Sewa Hosting yang Paling Tepat dan Efisien Untuk Blogger Pemula

Bagi seorang blogger yang mau membuat dan memonetisasi blognya itu memang harus menyewa domain dan juga hosting. Pasalnya, memang blog yang dibuat menggunakan hosting sendiri itu jauh lebih mudah dimonetisasi.

Namun berbicara mengenai sewa hosting itu tidak semudah berbicara mengenai sewa atau beli domain. Untuk sewa hosting, anda harus pandai-pandai memilih paketnya. Jika tidak pandai memilih, kemungkinan besar anda justru akan rugi.

Apakah anda adalah seorang blogger pemula? Apakah anda berencana untuk membuat sebuah blog self hosted namun masih bingung mengenai sewa hosting? Jika anda masih belum paham paket hosting seperti apa yang seharusnya anda sewa, anda bisa membaca panduan sewa hosting untuk blogger pemula yang efisien di dalam artikel ini.

Ragam Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Ketika Mau Sewa Hosting

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara sewa hosting yang tepat dan efisien bagi blogger pemula, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula ketika mau sewa hosting.

Berikut ini adalah beberapa contoh kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula ketika mau sewa hosting:

  • Memilih hosting yang lokasinya tidak sesuai dengan target visitor

Banyak sekali blogger pemula yang menganggap bahwa hosting luar negeri itu jauh lebih baik. Ya, memang hosting di luar negeri itu teknologinya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hosting di Indonesia.

tips sewa hosting paling tepat efisien bagi blogger pemula » Panduan Sewa Hosting yang Paling Tepat dan Efisien Untuk Blogger Pemula

Namun bukan berarti anda harus selalu sewa hosting luar negeri. Untuk menentukan hosting Indonesia atau luar negeri yang harus anda sewa itu ditentukan dari target visitor blog anda nanti.

Jadi jika target visitor anda adalah orang Indonesia, ya jangan sewa hosting luar negeri. Karena akses blog anda akan lebih cepat jika anda menyewa hosting di Indonesia jika target visitor anda adalah orang-orang Indonesia.

  • Memilih paket hosting yang salah

Kesalahan berikutnya yang juga seringkali dilakukan oleh seorang blogger pemula itu adalah salah dalam memilih paket hostingnya.

Ya, biasanya mayoritas layanan sewa hosting pasti menyediakan beberapa paket hosting untuk dipilih.

Anda memang bisa melakukan upgrade ketika nantinya paket yang anda sewa sudah tidak memadai lagi. Namun hal tersebut akan membuat anda harus mengeluarkan dana yang lebih besar.

Pasalnya, anda harus mengeluarkan uang tambahan untuk melakukan upgrade pada paket hosting yang anda sewa.

  • Memilih layanan hosting yang kurang kredibel

Kesalahan berikutnya yang juga sangat sering dilakukan oleh blogger pemula ketika mau sewa hosting adalah memilih layanan hosting secara asal-asalan.

Biasanya blogger pemula memilih layanan hosting bukan berdasarkan kualitasnya namun justru berdasarkan penawaran biaya sewa yang murah.

Padahal, kredibel tidaknya layanan hosting yang anda gunakan itu sangat berpengaruh pada masa depan blog yang anda buat.

Langkah-Langkah Sewa Hosting yang Tepat dan Efisien Bagi Blogger Pemula

Ok, anda sudah mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula ketika mau sewa hosting bukan? Sekarang anda perlu mempelajari bagaimana caranya sewa hosting yang tepat dan efisien itu.

Bagi anda blogger pemula yang mau sewa layanan hosting dan tidak mau sampai salah pilih, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek terlebih dahulu kredibilitas dari perusahaan penyedia layanan hosting

Hal pertama yang wajib harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk sewa hosting adalah memastikan terlebih dahulu kredibilitas dari perusahaan penyedia layanan hostingnya.

Kenapa anda perlu cek terlebih dahulu kredibilitas penyedia layanan hostingnya? Jika anda menyewa hosting di sebuah perusahaan yang tidak jelas kredibilitasnya, kemungkinan besar perusahaan tersebut bisa tutup secara tiba-tiba.

Jika perusahaan penyedia layanan hosting yang anda pilih tutup secara tiba-tiba, berarti blog yang anda miliki juga jadi korbannya bukan?

Sudah dapat dipastikan blog yang anda buat tidak akan bisa lagi diakses dan datanyapun tidak bisa anda ambil karena penyedia layanan hostingnya sudah tutup.

  • Cek kualitas hosting yang disewakan

Jika perusahaan penyedia layanan hosting sudah dijamin kredibilitasnya, selanjutnya anda perlu cek juga bagaimana kualitas hosting yang disewakan.

Hal ini sangat mudah untuk dilakukan dengan cara mencari testimoni dari konsumennya. Pastikan juga untuk mencari kritikan dari konsumen mengenai hal-hal negatif yang dirasakan konsumen setelah sewa hosting di perusahaan penyedia hosting yang anda pilih juga.

Pasalnya, segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Jika anda tidak masalah dengan segala kekurangan dari layanan hosting yang anda pilih, maka anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Platform apa saja yang didukung oleh layanan hostingnya

Hal berikutnya yang juga perlu anda perhatikan ketika mau sewa hosting adalah platform apa saja yang didukung oleh layanan hosting yang anda pilih.

Pasalnya, platform blog yang mau anda buat itu akan sangat berpengaruh pada hostingnya. Namun demikian, jika anda memang mau membuat blog dengan platform wordpress, anda bisa sedikit bernapas lega.

Kenapa? Karena mayoritas penyedia layanan sewa hosting sudah support 100% untuk platform wordpress.

  • Pilih paket hosting yang medium

Jika anda sudah memastikan kredibilitas dan sudah yakin bahwa layanan sewa hosting yang anda pilih support dengan platform blog yang mau anda buat, selanjutnya anda disarankan untuk memilih paket hosting yang medium.

Banyak sekali blogger pemula yang memilih paket hosting yang kelasnya paling kecil. Hal tersebut justru sangat merugikan bagi anda sendiri.

Kenapa merugikan? Karena dari segi biaya sewa per bulannya hampir sama dengan menyewa paket hosting yang kelasnya medium.

Selain itu, biasanya disk space paket hosting paling kecil itu juga sangatlah terbatas. Hal tersebut jelas tidak akan mencukupi kebutuhan anda jika anda memang serius ingin membuat dan memonetisasi blog.

  • Gunakan kode promo untuk menurunkan biaya sewa hosting

Jika anda sudah menentukan paket hosting mana yang mau anda sewa, selanjutnya jangan langsung melakukan pembayaran.

Lebih baik cari terlebih dahulu kode promo untuk menurunkan biaya sewa hosting tersebut. Perlu anda ketahui, mayoritas perusahaan penyedia layanan sewa hosting itu selalu menyediakan kode-kode promo pada event khusus yang bisa anda manfaatkan untuk memangkas biaya sewa hosting.

Selain 5 hal yang sudah dijabarkan tersebut, anda juga sebenarnya disarankan untuk sewa hosting dengan kurun waktu lebih dari 1 tahun.

Kenapa anda lebih disarankan menyewa hosting dengan kurun waktu lebih dari 1 tahun? Karena biaya sewa hosting menjadi lebih murah jika anda langsung menyewa dalam kurun waktu yang panjang.

Namun demikian jika memang dana anda cukup terbatas, anda bisa sewa hosting dengan kurun waktu kurang dari 1 tahun terlebih dahulu beserta dengan domainnya.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan bagaimana caranya sewa hosting yang tepat dan juga efisien itu? Kira-kira, anda mau menyewa layanan hosting dengan disk space kapasitas berapa megabyte dan berapa lama?