Memilih Layanan Hosting cPanel yang Sesuai dengan Kebutuhan Situs Anda

hosting cpanel kontrol panel 760x304 » Memilih Layanan Hosting cPanel yang Sesuai dengan Kebutuhan Situs Anda

Pemilik situs perlu memiliki kendali penuh atas situs mereka. Komponen-komponen sederhana seperti konten yang diunggah, perangkat lunak atau software yang ditambahkan, maupun akun email harus bisa sepenuhnya diatur oleh pemilik situs. Artikel ini akan membahas mengenai tips memilih layanan hosting cPanel. Beberapa macam aplikasi yang bekerja sebagai panel kendali situs dapat membantu pengguna mengatur situsnya, satu contoh aplikasinya adalah cPanel. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pemilik dan pengembang situs karena memiliki tampilan dan fungsi yang ramah pengguna.

Bagaimana Cara Memilih Layanan Hosting cPanel yang Tepat untuk Situs Anda?

hosting cpanel kontrol panel » Memilih Layanan Hosting cPanel yang Sesuai dengan Kebutuhan Situs Anda

Berbagai macam penyedia layanan hosting situs menawarkan aplikasi manajemen situs ini. Anda harus mengetahui paket-paket layanan yang ditawarkan sebelum memilih mana penyedia layanan yang patut digunakan. Layanan cPanel yang ditawarkan dapat menjadi tolok ukur pemilihan penyedia layanan karena pentingnya aplikasi ini dalam pengaturan situs Anda. Berikut beberapa tips dalam menilai layanan hosting cPanel yang mungkin akan berguna bagi Anda.

  1. Aplikasi Paling Mutakhir

Banyak penyedia layanan hosting situs yang menawarkan aplikasi ini sebagai bagian paket layanan mereka. Akan tetapi, sebagai pelanggan Anda harus jeli memperhatikan versi cPanel yang ditawarkan. Beberapa paket hosting dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan kompetitornya akan menawarkan aplikasi yang telah lawas. Aplikasi ini masih dapat digunakan, akan tetapi fungsinya tentu tidak maksimal. Ketika Anda berusaha menjalankan beberapa modul tugas, ada kemungkinan aplikasi cPanel akan berhenti berfungsi karena sudah tidak kompatibel dengan browser dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Panel Kendali yang Spesifik

Tampilan dari aplikasi ini tentunya sama, tidak peduli layanan hosting apa yang digunakan pemilik situs. Akan tetapi beberapa layanan hosting cPanel menawarkan panel kendali yang sudah dimodifikasi agar menjadi lebih spesifik. Terdapat beberapa modul umum yang krusial dalam manajemen suatu situs, di antaranya yang berkaitan dengan pengaturan keamanan, database, domain, dan aplikasi situs. Untuk menilai apakah penyedia layanan menawarkan panel kendali yang memadai, Anda perlu memastikan bahwa fungsi-fungsi yang ditawarkan cPanel dari sebuah paket dapat menjawab kebutuhan Anda dalam melakukan pengaturan situs.

  1. Dukungan yang Ditawarkan oleh Penyedia Layanan

Aplikasi cPanel dikenal publik karena memiliki tampilan yang ramah pengguna. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai bahasa pemrograman untuk menjalankan aplikasi ini. Tampilannya dapat dinavigasi dengan mudah oleh pengguna. Fungsi modul yang ingin dijalankan dapat diakses hanya dengan mengkliknya. Akan tetapi, ada kalanya masalah muncul dalam penggunaan dan tidak bisa  diselesaikan sendiri. Layanan hosting cPanel yang diberikan perlu memberikan dukungan penuh kepada pelanggan dalam bentuk troubleshooting dan pelayanan konsumen yang selalu sedia.

  1. Harga yang Ditawarkan

Salah satu tips terpenting dalam memilih aplikasi cPanel dalam hosting adalah mencari layanan dengan tawaran harga termurah. Kebanyakan pengguna merasa bahwa harga merupakan aspek terpenting dalam pemilihan paket karena belum tentu dengan merogoh kocek dalam Anda akan mendapatkan hasil yang sepadan. Panel kendali yang kompleks belum tentu menjadi kebutuhan Anda. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mencari tawaran paket hosting dengan harga paling rendah akan tetapi dapat memenuhi semua kebutuhan situs.

Sebuah situs biasanya tidak dimulai sebagai situs yang besar. Pengembang situs biasanya mulai dari skala kecil sebelum menjadi situs besar dengan jumlah pengunjung besar. Semakin banyak pengunjung suatu situs, maka kebutuhannya akan menjadi semakin banyak pula. Anda perlu memilih layanan hosting cPanel yang mampu mengiringi pertumbuhan situs dengan baik.